Rabu, 25 Februari 2009

Ada apa dengan Bahasa Indonesia...?

Kecenderungan menganggap Bahasa Indonesia mudah dan tidak perlu dipelajari dengan serius sangat mendominasi jalan pemikiran para pelajar sekarang-karang ini. khususnya pada pelajar Sekolah Dasar. Itu disebabkan karena anggapan mereka bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa mereka sendiri jadi tidak merasa perlu untuk dipelajari dengan serius dibandingkan dengan Bahasa Asing dan pelajaran lain.
Paradigma seperti ini sudah seharusnya kita hilangkan dari benak para pelajar saat ini. Tidak sedikit dari hasil tes atau ujian nilai pelajaran Bahasa Indonesia dibawah nilai kelayakan dibandingkan dengan pelajaran lain.
Dari hal tersebut di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa minat dan kecintaan pada Bahasa Indonesia sudah menurun. sangat ironis memang bila kita melihat kenyataan seperti ini, dan apakah untuk kedepannya situasi ini akan semakin menjadi . . . .?

2 komentar:

  1. menurut saya, pelajaran Bahasa Indonesia itu tidak menjadi momok bagi para pelajar. Justru yang menjadi momok para pelajar adalah pelajaran Matematika atau bahasa Inggris. Sepertinya anda harus banyak membaca buku dan belajar lagi.

    Sudarman, M.Pd (Dosen Bahasa Indonesia)

    BalasHapus
  2. MENURUT SAYA PELAJARAN BAHASA INDONESIA ITU ADALAH BAHASA SEHARI-HARI BENAR, SAYA TEKANKAN ITU.KARNA BELAJAR BAHASA INDONESIA PARA PELAJAR HANYA MENGGUNAKAN FILING SAJA, MEREKA-KAN MANUSIA JUGA.JUSTRU PELAJAR TAKUT DENGAN PELAJARAN MATEMTIKA, FISIKA, DAN B.INGGRIS

    PROF. DRS . HARJONO

    BalasHapus

Komentarnya ya, ditunggu....!

Terimakasih atas kunjungannya,,,